Djarum Indonesia Open : Sebuah tangga menuju puncak rasa bangga


Djarum Indonesia Open 2012 ; 

Sebuah kilas balik akan sebuah rasa bangga                        


Dukung badminton sebagai kebanggan bangsa!

“ In do ne sia ! “ “ In do ne sia !“

Gemuruh teriakan suporter Indonesia begitu menggema  di telinga ketika menyaksikan Simon Santoso berhadapan dengan Du Pengyu  pada babak Final Djarum Indonesia Open 2012 di Istora Senayan. Saya termasuk beruntung bisa menyaksikan secara langsung pertandingan tersebut disana.

Fluktuasi perasaan yang saya dan ratusan pendukung Indonesia rasakan sungguh luar biasa. Detik demi detik, poin demi poin, semuanya masih terekam dengan baik sampai saat ini. Ayunan raket, prediksi pergerakan shuttlecock, derit langkah sepatu, sampai ekspresi wajah kedua pemain menjadi tontonan yang begitu mendebarkan.Saya masih ingat ketika rasa senang membuncah saat Simon memenangi set pertama, lalu berganti dengan perasaan was-was  saat Simon kalah di set kedua, dan akhirnya ditutup dengan nafas lega serta puji syukur ketika akhirnya Simon berhasil memenangi set ketiga untuk memastikan diri sebagai juara. Mungkin bagi yang ingin sedikit merasakan atmosfer saat itu bisa melihat video yang saya sertakan dibawah ini.



Suasana yang  tadinya berapi-api perlahan berubah menjadi hening dan penuh haru ketika Simon mulai melangkah keatas podium bertulis angka satu, tempat tertinggi dalam sebuah kompetisi, tempat untuk sang juara. Tatapan sedikit nanar terhalang air mata mengikuti setiap detail prosesi penyerahan medali. Euforia meledak. Tepuk tangan dan nyanyian yel-yel kembali pecah, menenggelamkan Istora kedalam lautan hingar bingar suara. Fantastis, cuma itu yang bisa saya katakan mewakili suasana saat itu.

Simon Santoso membuat Indonesia bangga dengan menjadi juara di Djarum Indonesia  Open 2012


Memang bukan saya yang menang, bukan juga salah satu dari ratusan penonton yang ada. Tapi inilah ekspresi dan luapan rasa bangga atas tertorehnya nama Indonesia di salah satu kompetisi tingkat dunia. Bangga atas sebuah prestasi yang terukir dari sebuah perjuangan keras dan dukungan yang tak kenal batas.

Bagi Indonesia, badminton bukan sekedar olahraga   

Kita semua pasti mengerti bagaimana badminton memiliki makna sedemikian besar bagi Indonesia. Seperti Brazil dengan sepakbola, atau Amerika dengan Baseball. Badminton bukan hanya sekedar olahraga, melainkan juga sebuah kebanggaan, sebuah penanda yang meletakkan nama Indonesia di mata Internasional. 

Melalui Badminton, Indonesia bisa berbangga hati dengan segudang prestasi yang dimiliki. Mulai dari zaman Lim Swie King, hingga sekarang. Berbagai rekor dan sejarah luar biasa juga pernah tercetak. Bulutangkis seakan menjadi secercah cahaya diantara gelapnya kondisi negara ini.

Melalui badminton pula Indonesia seperti mempunyai taring yang membuatnya disegani. Tak ada yang berani menyepelekan Indonesia di setiap perhelatan bahkan hingga ke tingkat Olimpiade. Setiap perwakilan Indonesia pasti selalu diperhitungkan.

Bukti Kecintaan dan Kebanggan  Bangsa Indoensia Terhadap Bulutangkis dengan mencetak sebuah prangko bergambar Piala Thomas Uber


Kecintaan dan kebanggan bangsa Indonesia terhadap Badminton sudah tidak diragukan lagi. Seperti air hujan yang meresap hingga ke pori-pori tanah, kebanggaan terhadap Badminton tercermin rata dari berbagai golongan, dari pejabat hingga rakyat biasa, dari kota hingga desa, dari anak kecil hingga orang dewasa. Bisa kita lihat berapa banyak klub maupun persatuan bulutangkis baik amatir maupun profesional yang ada. Begitu juga tunas-tunas muda calon pahlawan Indonesia di olahraga raket ini yang semakin hari semakin banyak tumbuh dan berkembang menjadikan Indonesia tidak pernah kekurangan potensi.

Saya sendiri sangat menyukai Badminton. Walaupun hanya sekedar bermain asal-asalan, namun sering saya berkhayal sedang mewakili Indonesia berada di pertandingan penting tingkat dunia dan ketika berhasil menang, rasanya bangga , seperti baru mendapatkan medali emas olimpiade saja. Imajinasi yang konyol memang, tapi saya percaya, saya bukan satu-satunya yang suka berkhayal seperti itu. Imajinasi tersebut secara tidak langsung mencerminkan betapa Badminton sudah mendarah daging di kehidupan bangsa Indonesia.

Djarum Indonesia Open : Mendukung Badminton Sebagai Kebanggaan Bangsa


Kebanggan tanpa ada usaha nyata meraih dan mempertahankan kebanggan tersebut sama seperti sebuah kesombongan. Dan percayalah, kesombongan tidak pernah ada yang bertahan lama. Lambat laun pasti akan tergerus rasa arogan yang membutakan, hingga bukan tidak mungkin kebanggan itu sirna.


Saya yakin setiap kita akan selalu setia dan akan selalu mendukung dunia badminton Indonesia. Sebagai penonton, kita bisa memberi semangat kepada atlit Indonesia yang berlaga. Sebagai atlit Badminton, bisa berkontribusi dengan giat berlatih agar terus mampu mempersembahkan prestasi. Sebagai pengurus, kita bisa  mengatur jadwal latihan dan apa saja yang berkaitan dengan kebijakan yang ada. Intinya setiap aspek harus saling bersinergi sesuai porsi masing-masing agar mampu mendukung dunia badminton Indonesia secara maksimal.

Namun terlepas dari dukungan dari setiap individu, adanya kegiatan terutama kompetisi badminton yang berkualitas juga sangat diperlukan untuk semakin mendukung Badminton Indonesia agar semakin mantap dan pantas dibanggakan.

Adalah Djarum Indonesia Open salah satu kompetisi tingkat Internasional yang sangat mendukung Badminton sebagai kebanggan bangsa Indonesia. Disponsori oleh Djarum Badminton Indonesia, even akbar ini mampu menghadirkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan dalam rangka mendukung serta meningkatkan kualitas dunia Badminton Indonesia agar semakin membanggakan di mata kita dan juga di mata dunia.

Dengan diadakannya Djarum Indonesia Open, banyak hal positif yang layak membuat dunia Badminton Indonesia semakin pantas dibanggakan, baik dari segi prestasi maupun penyelenggaraan kompetisi Djarum Indonesia Open itu sendiri.

Nah, beberapa poin positif yang membuat Djarum Indonesia Open saya anggap sangat berhasil mendukung Badminton sebagai olahraga kebanggaan bangsa Indonesia yaitu :

1. Memberi impresi kepada dunia akan majunya badminton Indonesia

Djarum Indonesia Open 2013 sebagai salah satu turnamen berkelas Super Series Premier

Djarum Indonesia Open 2013 telah mendapat predikat sebagai kompetisi berlevel Super Series Premier.Sekedar informasi, Super Series Premier adalah salah satu level tertinggi dalam kompetisi Badminton dunia. Hanya ada 5 negara yang berhak menyelenggarakan kompetisi dengan level ini yaitu Korea Selatan, China, Inggris, Denmark dan Indonesia. Super series premier sering diibaratkan sebagai " Grand Slam" nya bulutangkis.

Dengan terpilih menjadi salah satu penyelenggara Super Series Premier, tentu saja Djarum Indonesia Open mampu menaikkan gengsi dan memberi impresi yang bagus kepada khalayak Internasional akan kapabilitas dunia badminton Indonesia baik dari segi infrastruktur maupun potensi atlit yang berkualitas.

2. Menaikkan kualitas kompetisi

Penggunaan teknologi berstandar internasional selalu diterapkan pada perhelatan Djarum Indonesia Open agar hasil pertandingan selalu adil dan sesuai aturan. Begitu juga dengan setiap detail acara yang ada, mulai dari yang teknikal hingga yang kasual dikerjakan dengan presisi sangat baik. Tak heran jika Direktur BWF, Darren Parks berani menyatakan bahwa Djarum Indonesia Open 2012 merupakan kompetisi Super Series terbaik bahkan melebihi All England.

Daren Parks, Direktur BWF menyatakan Djarum Indonesia Open lebih baik dari All England


Kini semakin melangkah kedepan, salah satu yang menarik dari perhelatan Djarum Indonesia Open 2013 yang akan segera tiba  adalah penggunaan teknologi canggih " Eye Hawk" untuk pertama kalinya di sebuah kompetisi badminton internasional. Kamera slow motion berteknologi tinggi ini semakin menjamin tingkat fair play dan sportifitas kompetisi.

Dengan setiap aspek kompetisi diperhatikan secara sangat mendetail, Djarum Indonesia Open berhasil memberi sebuah kompetisi yang selain kompetitif dan berkualitas juga menghibur dan memuaskan setiap yang terlibat baik atlit, official, hingga penonton yang ada.

3. Ajang bagi pebulutangkis Indonesia untuk mengasah prestasi.

Sebagai turnamen bertaraf Super Series Premier, maka yang akan berlaga adalah para atlit badminton  top  dari berbagai negara dengan skill dan kemampuan yang sangat mumpuni dan bervariasi sehingga perhelatan salah satu momen akbar dunia bulutangkis ini tidak hanya mengumbar semangat olahraga, tapi juga gengsi, dan rasa ingin diakui. Selain itu hadiah dengan nominal uang yang sangat menggiurkan mencapai 700 ribu dollar sudah bisa menjadi pemanis tersendiri bagi setiap atlit yang berlaga.

Djarum Indonesia Open memberi kesempatan atlit Badminton Indonesia untuk mengasah prestasi


Kesempatan ini bisa sangat membantu para atlit Indonesia untuk mengasah sejauh mana kemampuannya. Bagi atlit junior/pemula, bisa menjadi tolak ukur seberapa batas mereka bisa melawan rasa grogi atau musuh dengan karakter yang berbeda dari biasanya sehingga sedikit banyak mereka bisa belajar dari setiap pertandingan yang dilakoni. Dengan begini, bibit bibit muda pebulutangkis Indonesia akan cepat berkembang baik mental maupun skillnya. Bagi atlit yang sudah senior tentu saja menjadi juara adalah tujuan utama selain saling mengumpulkan poin demi rangking dunia .

Peserta yang sangat kompetitif dan hadiah yang besar menghadirkan sebuah tantangan sekaligus semangat tersendiri bagi atlit Badminton Indonesia untuk berusaha memberikan yang terbaik mewakili nama Indonesia.

4. Memfasilitasi semangat para penggemar badminton Indonesia


Seperti yang sudah saya bilang pendukung badminton Indonesia bukan hanya atlit. Penonton dan suporter juga merupakan pendukung yang tak boleh dikecilkan kontribusinya. Bukan hanya atlit yang mempunyai semangat namun suporter dan penggila Badminton Indonesia juga.

Djarum Indonesia Open mampu menjadi wadah yang menyalurkan semangat para suporter akan kebanggaan dan kecintaannya terhadap dunia badminton Indonesia.Memberi semangat tanpa henti, bernyanyi, membuat wall of support, dan berbagai cara kreatif mereka gunakan untuk menyemangati atlit Indonesia yang sedang berlaga agar bisa tampil prima.

Wall of Support: Salah satu bentuk dukungan Djarum Indonesia Open dalam memfasilitasi suporter Indonesia

Terbukti semangat para penggemar badminton Indonesia ini mampu memberi efek positif bagi atlit Indonesia.  Seperti yang dikatakan atlit asal India Kasyap Parupalli yang akan melawan Simon di semifinal DIO 2012 lalu, bahwa atmosfer dan dukungan suporter Indonesia mampu membuatnya takut dan gugup, dan sebagai pembuktian, hasil akhirnya Simon lah yang memenangi pertandingan tersebut untuk akhirnya mampu menjadi juara.

Perhelatan Djarum Indonesia Open tak bisa dipungkiri mampu memfasilitasi rasa bangga para pendukung bulutangkis Indonesia dan mengkonversinya menjadi semangat berapi yang bisa tersalurkan menjadi energi tersendiri bagi para atlit yang Indonesia yang berlaga.


5. Menarik minat generasi muda terhadap Badminton

Di era teknologi dengan berbagai kelebihan yang dimiliki sekarang ini, tampak jelas jika banyak generasi muda yang mulai tidak tertarik dengan dunia Badminton. Mereka lebih menyukain bermain di media sosial seperti Facebook, Twitter, Tumblr, dan sejenisnya atau menghabiskan waktu bermain game baik di komputer maupun konsol seperti Playstation.

Secara tidak langsung hal ini memengaruhi proses regenerasi atlit Badminton Indonesia. Siapa tahu mereka yang lebih suka bermain dengan teknologi dan tidak tertarik dengan raket atau dunia Badminton tersebut justru mempunyai talenta sebagai atlit Badminton yang berpotensi tinggi.

Melalui Djarum Indonesia Open yang mampu mengemas sebuah kompetisi menjadi menarik dan tidak kaku, diharapkan banyak generasi muda yang mulai tertarik dengan Badminton sehingga sedikit banyak mempercepat proses regenerasi atlit Badminton Indonesia.

Pasti akan lebih membanggakan jika Indonesia mampu kembali ke era keemasan Badminton dimana banyak pahlawan mengharumkan nama bangsa melalui raketnya.

Dibalik kesuksesan Djarum Indonesia Open mendukung Badminton Indonesia

Dibalik kesuksesan sebuah  perhelatan, pasti ada individu atau instansi yang menjalankan di belakangnya, tak terkecuali  Djarum Indonesia Open. Lantas siapa yang ada dibalik kemegahan pelaksanaan dan keberhasilan Djarum Indonesia Open mendukung Badminton Indonesia ?

Diantara beberapa pihak yang berandil besar dalam mensukseskan tujuan Djarum Indonesia Open ada 2 yang tidak asing lagi di telinga kita, tidak hanya nama besarnya tetapi juga kedekatannya dengan dunia badminton Indonesia.

1. Djarum Badminton / PB Djarum


Yang pertama ini sudah pasti sangat gampang diketahui. Dari namanya saja Djarum Indonesia Open, tentu saja pionir utama dibaliknya adalah Djarum Badminton yang merupakan bagian dari PT Djarum dan bergerak khusus untuk mendukung dan memajukan dunia Badminton Indonesia.

Djarum Badminton, tak bisa dipungkiri memiliki peranan sangat besar dalam membantu Badminton Indonesia hingga ke level yang bersinar. Melalui berbagai fasilitas seperti akademi bulutangki hingga turnamen yang diadakan , PB Djarum sukses mendukung Badminton Indonesia disegani dunia.

Sudah banyak atlit berkualitas bahkan legenda yang merupakan hasil binaan akademi PB Djarum baik yang sudah pensiun maupun yang masih aktif .Sebut saja Christian Hadinata, Hariyanto Arbi, Alan Budi Kusuma, hingga Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir. Pun begitu dengan bakat bakat terpendam yang berhasil tersaring melalui banyaknya turnamen Badminton yang digelar Djarum.

Kontribusi Djarum terhadap kemajuan Badminton Indonesia sekan tidak pernah putus, dan kembali lagi Djarum Indonesia Open adalah salah satu bentuk nyata kepedulian Djarum terhadap dunia Badminton Indonesia.

2. Blibli.com

Nah yang kedua ini, sedikit terasa aneh pada awalnya, karena seperti yang kita ketahui blibli.com adalah sebuah situs belanja online. Lalu apa hubungannya dengan Djarum Indonesia Open terlebih lagi kaitan blibli.com dalam mendukung Badminton sebagai kebanggaan bangsa.

Sedikit analogi, jika kita mau menolong orang yang ingin makan ikan, kita bisa langsung memberinya ikan. Namun disamping itu bisa juga memberinya kail dan pancing agar ia bisa berusaha sendiri memancing di sungai. Nah kira-kira seperti inilah peranan blibli.com.

Beberapa peralatan Badminton yang disediakan Blibli.com


Blibli.com menyediakan berbagai keperluan yang berkaitan dengan Badminton seperti raket, sepatu, tas, hingga baju Badminton.Dengan menyisipkan perlengkapan Badminton berkualitas tinggi dalam lini katalognya, blibli.com menyadari penuh eksistensi Badminton sebagai kebanggan bangsa Indonesia. Diharapkan ketersediaan ini dapat memberi kemudahan bagi yang ingin berkecimpung di dunia Badminton baik pemula maupun yang sudah profesional.

Jika katalog diatas cenderung lebih mengarah kepada mereka yang ingin memberi kontribusi sebagai atlit atau pemain, lalu bagaimana bagi yang berminat sebagai suporter dan pendukung ? Tenang Blibli.com mengerti arti suporter bagi sebuah perhelatan Badminton apalagi untuk level Djarum Indonesia Open. Untuk itu Blibli.com membantu memberi kemudahan dalam penyediaan tiket. Kita bisa membeli tiket Djarum Indonesia Open melalui website Blibli.com dan tidak perlu susah mengantri di tempat penjualan karcis.

Event Celebrity Smash pada DIO 2012

Satu hal lagi, Blibli.com juga membantu publisitas Badminton kepada khalayak ramai khususnya pada   Djarum Indonesia Open melalui acara Celebrity Smash yang bekerjasama dengan berbagai pihak. Celebrity Smash yang menggunakan selebritis sebagai bintang tamu ini secara tidak langsung mampu menarik perhatian masyarakat akan Djarum Indonesia Open hingga menaikkan animo masyarakat terhadap Badminton.

Blibli.com dengan caranya sendiri telah berkontribusi banyak terhadap dunia Badminton Indonesia.

Djarum Indonesia Open : Sebuah Tangga Menuju Puncak Rasa Bangga

Nah dengan beberapa poin krusial yang mampu terpenuhi selama penyelenggaraan Djarum Indonesia Open, secara jelas terlihat bahwa pagelaran Djarum Indonesia Open sangat mendukung Badminton sebagai kebanggaan bangsa. Karena selain mampu membuat kita bangga akan kemajuan dunia badminton kita dari segi gengsi dan prestige di mata Internasional, Djarum Indonesia Open juga berhasil menyeimbangkan potensi yang bisa didapat dari setiap aspek pendukung badminton Indonesia.  Di sisi atlit regenerasi dan kematangan skill semakin terukur, di sisi suporter, tersedianya wadah untuk menyalurkan ekspresi dan semangat, serta di segi organisasi semakin memerbaiki kemampuan manajerial untuk menggelar sebuah event berskala Internasional.

Djarum Indonesia Open, merupakan sebuah tangga menuju puncak rasa bangga. Mengapa saya sebut begitu ?

Karena Djarum Indonesia Open berkontribusi layaknya sebuah tangga, yaitu untuk membantu kita mencapai sesuatu yang lebih tinggi, dan sesuatu itu adalah sebuah kebanggan yang abadi.

Lantas mengapa bukan elevator atau eskalator yang sama-sama membawa ketempat yang lebih tingga, bahkan lebih cepat ?

Karena setiap anak tangga menggunakan tenaga dan usaha agar bisa dinaiki. Tidak seperti elevator atau eskalator yang berjalan otomatis. Seperti itulah dukungan Djarum Indonesia Open terhadapdunia Badminton sebagai kebanggan bangsa. Mendukung penuh namun tidak memanjakan. Setinggi dan sekokoh apapun sebuah tangga serta seberkilau apapun nilai berharga yang ada diatasnya, tidak akan pernah bisa diraih jika kita sendiri enggan berusaha menggunakan tangga tersebut.

Oleh karena itu sebagai bangsa yang selalu berbangga dengan eksistensi dan prestasi badminton maka sudah menjadi kewajiban kita utnuk terus berusaha mendukung dunia Badminton dengan memanfaatkan berbagai kesempatan yang tersedia seperti adanya Djarum Indonesia Open ini.

"Karena Djarum Indonesia Open adalah sebuah tangga menuju ke puncak rasa bangga".



Referensi : 




3 komentar:

  1. Selamat telah menjadi pemenang pertama #DIOBlogging. Sukses terus (y)

    BalasHapus
  2. Khayalannya sama dengan saya. Menjadi pemain badminton, melawan pemain hebat, dan menjadi juara. Keren banget tulisannya.

    BalasHapus
  3. Barusan sudah selesai Djarum Indonesia Open 2015 dan sayangnya prestasi Indonesia semakin menurun. Tidak ada satupun gelar juara diraih tuan rumah. Kapan ya prestasi bulutangkis Indonesia bisa maju lagi kek dulu yang selalu menjadi langganan juara, baik All England, Thomas Uber, Olimpiade, Asian Games, apalagi Sea Games.

    yuk main ke sini: seputar alat olahraga


    BalasHapus